- Mesin adalah sebuah alat penghasil tenaga yang berfungsi berdasarkan perubahan bahan bakar dan energi panas menjadi energi mekanik kemudian disalurkan kebagian roda untuk menjalankan kendaraan.
Mesin terutama mesin pada kendaraan roda empat Terdiri dari beberapa komponen utama dan komponen pelengkap, yaitu :
1. Kap Silinder / Cylinder Cup
2. Kepala Silinder / Cylinder Head
Bagian paling atas dari kontruksi mesin adalah kepala silinder. Kepala silinder berfungsi sebagai penutup lubang silinder pada blok silinder dan tempat dudukan busi.
Kepala silinder bertumpu pada bagian atas blok silinder. Titik tumpunya disekat dengan gasket (paking) untuk menjaga agar tidak terjadi kebocoran kompresi, disamping itu agar permukaan metal kepala silinder dan permukaan bagian atas blok silinder tidak rusak. Kepala silinder biasanya dibuat dari bahan Aluminium campuran, supaya tahan karat juga tahan pada suhu tinggi serta ringan. Biasanya bagian luar kontruksi kepala silinder bersirip, ini untuk membantu melepaskan panas pada mesin berpendingin udara.
1. Noken As
/ Cam Shaft
Noken As Atau Cam Shaft berfungsi untuk mengatur terbuka dan
tertutupnya Klep atau Valve sesuai dengan FO : 1342
2. Pully Noken As
Pully Noken As Berfungsi sebagai poros yang memutarkan
noken as, dan pully noken as ini dihubungkan dengan pully Crank Shaft / Sumbu
Engkol.
3. Katup / Valve
Katup Berfungsi Sebagai pengatur masuk dan keluarnya gas sebelum
terbakar dan sesudah terbakar.
4. Tuas penekan
Tuas Penekan berfungsi untuk membuka dan menutup valve,
sebagai penghubung antara valve dan noken as atau Cam Saft
5. Per Katup / Valve Spring
Per Katup berfungsi sebagai alat pembantu valve yang setelah
terbuka dan ingin menutup lubang katup agar cepat bisa menutup lubang.
6. Busi
Busi berfungsi sebagai alat pemercik bunga api pada saat
langkah kompresi
7. Blok silinder
Blok silinder
merupakan inti daripada mesin yang terbuat dari besi tuang. Belakangan ini ada beberapa
blok silinder yang dibuat dari lok silinpaduan aluminium. Seperti kita ketahui, bahwa
aluminium ringan dan dapat meradiasikan panas yang lebih efisien dibandingkan
dengan besi tuang.
Blok silinder dilengkapi dengan rangka pada bagian luar untuk memberikan kekuatan pada mesin dan membantu meradiasikan panas. Blok silinder terdiri dari beberapa lubang tabung silinder, yang didalamnya terdapat torak yang dapat bergerak naik-turun. Silinder-silinder ditutup bagian atasnya oleh kepala silinder dengan meletakkan gasket kepala silinder (perpak/packing) diantara blok silinder dan kepala silinder.
8. Piston
Piston adalah sumbat geser yang terpasang di dalam sebuah silinder mesin pembakaran dalam silinder hidraulik, pneumatik, dan silinder pompa. Tujuan piston dalam silinder adalah:
Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya piston menekan isi silinder. Piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).
Membuka-tutup jalur aliran.
Kombinasi dari hal di atas.
keren gan
BalasHapusmantap,,thanks
BalasHapusBagus
BalasHapuscrang shaft masuk dalam komponen overhaul kan.....kenapa tidak di ikut sertakan dan komponen komponen nya kurang lengkap
BalasHapus